sailoormon'szone

notes :')

Heart (5) Kisah (8) Madura (3) Style (3) Tips (1)

only me :')

My photo
Seeing hearing and feeling..!
Photobucket

Blogger Nusantara 2012 Makassar

jamelet :'p

my day's :D

bimosic :')

12.10.12

Seminar Pertama | Berharap Bukan yang terakhir

Kamis 11 oktober jam 11 lima belas, jadwal seminar T.A bidang minat Sistem Informasi dan Rancangan Perangkat Lunak terpampang di mading seluruh fakultas Teknik dan Laboratorium Teknik dengan nama Winda Sarifa. Jreng-jreng.. kedapatan hari kedua padahal berharap mendapatkan jadwal dihari terkahir [harapan itu perlu :]. Yah, dikatakan belum siap nggak..dikatakan sudah siap juga nggak.. intinya 80% penguasaan konsep, 20%nya mental kali ya. Hehe. 

Sebelum giliran saya, disela-sela menunggu saya melihat teman-teman yang lain dengan ekspresi datar dan biasa saja. Aneh, kok nggak grogi sama sekali sih? Pertanyaan itu muncul bahkan sampai saya jadikan status di FB.Dan anehnya lagi teman-teman saya berkata “kamu yang ujian kok saya yang “ngitek” ya..? hehe, ngitek itu bahasa madura yang artinya terdiam karena takut atau grogi”. Mungkin ini karena doa tulus orang tua,sahabat, dan semua orang yang memberi dukungan kepada saya hari itu. Tibalah saat itu dimana saya harus memaparkan laporan T.A di hadapan 2 dosen pembimbing dan 3 dosen penguji.  Masih belum grogi, slide demi slide menemani saya dengan waktu yang diberikan hanya 10 menit. Oups.. setelah itu sesi pertanyaan. Dengan percaya diri yang tinggi saya menjawab gerombolan pertanyaan yang lewat di depan mata. Satu dua kali pertanyaan dan masukan juga mewarnai sesi itu. Masih saja nggak grogi, seperti bukan saya yang biasanya. Walaupun sedikit berkeringat karena Ac diruangan itu mati, saya tetap tenang dan tidak gugup. 

Salah satu yang berkesan ketika dosen pembimbing membantu saya meluruskan jawaban saya yang sedikit melenceng, namanya juga manusia pasti tidak sempurna *hehe [baik sekali DP 1 saya]. Ada satu dosen penguji yang merasa puas dan tidak memberi revisi sama sekali. Satu pengetahuan lagi dalam seminar itu akan anda temui dosen penguji dan pembimbing yang saling berargumentasi, berantem secara teoritis, bahkan ada pula dosen pembimbing 1 dan 2 yang tidak sepaham. Dosen juga manusia kali yah, hehe.. tetapi itu semua demi peserta seminar untuk lebih baik lagi dalam menyajikan Tugas Akhirnya (T.A).

Sampai pada Dosen pembimbing 1 saya [Pak bos alias pak hermawan :} menutup sesi pertanyaan, kemudian diserahkan kepada saya kembali untuk menutup persentasi and say to thanks buat  DP dan dosen yang telah menguji saya. Saya bertanya-tanya apakah proposal T.A saya “disetujui atau tidak?”. Alhamdulillah, ternyata disetujui terimakasih tuhan atas hari yang indah itu. Perjalanan masih panjang tidak boleh lelah dan berhenti sampai disini saja. #Semangat dan tetap berharap ini bukan seminar yang terakhir akan ada seminar kedua dan seterusnya *Amiin 

Kalau ditanya apa sih isi dari laporan seminar? Pasti kita semua sudah banyak yang tau struktur penuliasan laporan seminar mulai dari :

1.  Judul 
2. Abstrak  >> Bibuat setelah semua laporan tertulis, karena abstrak merupakan gambaran apa dan bagaimana laporan yang kita tulis.
3. Latar Belakang >> Berisi permasalahan lingkungan terkini, atau permasalahan masyarakat,  metode - metode yang ada bisa kekurangan metode tersebut, bagaimana yang kita lakukan. Semuanya dijabarkan atau di deskripsikan.
4. Perumusan Masalah >> Berisi permasalahan kita sendiri atau apa yang akan kita buat untuk menjawab permasalahan latarbelakang
5. Tujuan dan Manfaat >> Tujuan kita melakukan penelitian, seperti akan membuat dan menghasilkan apa? . Manfaat ditujukan kepada siapa dan bagaimana manfaat tersebut.
6. Batasan Masalah >> Penelitian yang dilakukan pasti memiliki batasan, maka dijabarkan dalan batasan masalah.
7. Studi Pustaka >> Berisi penelitian terlebih dahulu dan landasan teori atau teori penunjang.
8. Metodologi penilitian >> Berisi langkah-langkah yang akan dilakukan peneliti. Dapat berupa Flow chart dan penjabarannya.
9. Rancangan Sistem  >> Berisi rancangan sistem kita dapat berupa Use case, DFD, dan juga Flow chart.
10. Jadwal Kegiatan >> Jadwal dalam pembuatan dan penyusanan tugas akhir, dibuat dalam tabel disesuaikan dengan metodologi penelitian.
11. Daftar Pustaka >> Semua refrensi yang kita pakai dalam laporan.

Selesai deh.. siap maju seminar kan..? oh iya, jangan lupa slide persentasi harus berisi point-point dalam laporan [saran buat isi slide jangan terlalu banyak kata-kata kalau bisa lebih banyak cerita dalam bentuk gambar-gambar ya] :)
Sekian kisah seminar saya yang aneh dan nggak dag dig dug sama sekali itu. *hehehe Thanks for reading J

2 comments:

  1. ckckckck..tulisan km tu bagus jg ya de'.. seminar aj gitu..palagi ntr pas mo TA..hehe.. Intinya Semangat yaaa...!? by RE ex clinic.net (hahaha)

    ReplyDelete
  2. hehehe.. Trimaksih mas eko clinic.. :D

    ReplyDelete