sailoormon'szone

notes :')

Heart (5) Kisah (8) Madura (3) Style (3) Tips (1)

only me :')

My photo
Seeing hearing and feeling..!
Photobucket

Blogger Nusantara 2012 Makassar

jamelet :'p

my day's :D

bimosic :')

11.7.12

Tidak Perlu Sakit Hati



Sakit hati adalah rasa sakit yang menimpa seseorang
 didalam hatinya. Kadang manusia merasa hatinya tersakiti karena omongan, ejekan, hinaan, tuduhan, bahkan perlakuan seseorang terhadap dirinya. Wajar saja manusia merasakan demikian karena manusia memiliki nafsu (baik dan buruk) dan perasaan peka atas sesuatu.

Pada umumnya setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang kebal bila seandainya selalu tertuduh dan adapula yang  tidak bisa menahan rasa sakit hatinya. Sebagai umat muslim kita diperintahkan untuk bersabar. Sakit hati merupakan salah satu ujian yang tuhan beri untuk kita. Bagaimana kita bersikap sehingga tidak terbawa oleh nafsu amarah yang disebabkan oleh rasa sakit hati.

Konon dahulu ada cerita dua orang sahabat yang saling sakit hati (cerita walsama). Namun salah satu diantara kedua sahabat itu lebih bisa bersabar dan tidak menanggapi emosi dan amarah sahabatnya yang sudah menggebu-gebu. Lalu ia hanya menulis rasa sakit hatinya diatas pasir dan kemudian diatas batu. Lalu sahabat itu bertanya mengapa hanya menulis semua sakit hatimu di atas pasir ? Mengapa kau tidak membalas menempeleng ku, dan mencacimaki ku? Kemudian si sahabat yang bersabar itu menjawab "Jika ada orang yang menyakitimu, cukuplah kita tulis diatas pasir saja, sebab sebentar akan datang angin kencang, hujan deras dan ombak air melenyapkan tulisan ku itu, sehingga engkau segera melupakannya. Namun jika ada orang yang berbuat baik kepadamu tulislah diatas batu, supaya kalau ada angin kencang hujan dan badai menerpa, tulisannya tidak pernah hilang dan kamu akan ingat selalu kebaikannya"

Pelajaran yang dapat kita petik adalah lupakan semua perlakuaan seseorang yang telah membuat kita sakit hati. Biarlah semua sakit hati yang kita rasakan hilang karena keikhlasan kita memafkan. Namun sebagai manusia normal tidaklah mudah melupakan semuanya. Setidaknya kita sudah berusaha untuk bersabar ikhlas memafkan, biarlah angin disetiap waktu yang menghapusnya. :)

0 comments: